Tebing Keraton Bandung

Ini ceritanya sepasang ABG hari minggu kemarin melepas rindu dan bosen jalan-jalan ke mall melulu. Soalnya dua ABG ini sedang LDR alias pacaran jarak jauh. Karena sie cewek sedang melaksanakan bea siswa AYAHBUNDA (Bea siswa ayahbunda itu adalah istilah yang sering kami pake untuk sebutan bagi yang kuliahnya pake biaya sendiri alias dari orang tua) untuk kuliah lagi..hahahaha. sepasang ABG ini tidak lain tidak bukan ya aku dan pacar ku :D

Akhir-akhir ini sering denger Tebing Keraton… Tebing Keraton. Tapi nggak tau itu teh sejenis tempat wisata yang gimana. Akhirnya search deh dan kepoin foto-foto di Instagram yang ada hastag (#) TebingKeraton. Lalu menemukan foto-foto unik dari entah manusia di belahan bumi mana saja.

Ini tiket masuk plus tiket parkir. tulisan di tiket 10 ribu itu sebelum bbm naik.sekarang jadi 11 ribu

Pas sabtu sore nemenin pacar ku main bola sama teman-teman gym nya kenalan lah dengan sesama pacar-pacar pria beroto-otot itu. Ternyata pacar nya teman pacar ku itu pagi nya baru pulang dari Tebing Keraton. Wuhuuuu…aku langsung histeris pengen kesana. Abisnya mereka cerita berangkat setengah 5 subuh terus liat sunrise terus masih sepi (orang pacaran kan suka yang sepi-sepi..:D) terus pemandangannya indah. Gimana nggak langsung ingin saat itu juga.

lahan pertanian dilihat dari atas

Besok paginya kita berdua mau berangkat subuh. Lalu nggak ada satu pun yang bangun jam segitu. Malahan bangun jam 9…hahahaha. Lalu kita pun berangkat jam 10. Dengan berbekal ke-sok tauan aku tentang jalan di Kota Bandung alhasil kita nyasar ampe Dago Pakar..hahaha. akhirnya jurus terampuh adalah naya-nanya sama orang. Kalau di Bandung kita nyasar jangan takut deh. Orang-orang masih sangat ramah dan dengan senang hati bakal nunjukin ke jalan yang benar (lebih baik sambil baca Alfatihah biar ditunjukin jalan yang lurus sekalian sama yang maha kuasa..hahaaha). dari mulai nanya tukang cuanki, tukang parkir, ampe nenek-nenek. Sampailah juga kita. Ternyata itu lokasi searah sama gua Belanda sama Gua Jepang itu lho yang Taman Ir. H . Juanda. Aku ternyata pernah kesana waktu motoin teman ku prewed. Tapi tetep aja nyasar karena sok tau…haahahaha.

Tahan berjam-jam merenung dari atas sini asal ada makanan :D

Dari Taman Ir. H. Juanda itu nanti lurus terus ada belokan ke kanan. Nanti lurus aja terus terus ambil kanan lagi terus lurus ampe nemuin jalan yang nggak banget. Berbatu, licin, becek. Tapi asli pemandangannya nya itu lho Truly West Java bingitss… Ada pemukiman, terus sawah-sawah kiri kanan, ladang pertanian yang di dominasi sayur mayur. Dan warga nya itu lho masih ramah banget. Tiap kita lewat di senyumin (dalam ilmu wisata yang aku pelajari, desa kayak gini nih yang gampang di kembangkan jadi desa wisata. Dimana salah satu indikatornya masyarakatnya udah sadar wisata dengan bersikap welcome sama pengunjung).

Sekitar 50 meteran dari TKP nanti ada pos yang dijaga sama anak-anak muda sana. Itu tu kita harus bayar parkir Rp. 5000. Terus naik ketas lagi deh dengan medan yang nauzubillah mana pas itu hujan jadi licin banget. Berasa off road. Lalu di TKP bakal bayar tiket masuk. Satu orang Rp. 11.000 itu udah plus asuransi. Baru liat sih aku tiket objek wisata ada asuransinya apalagi perhutani yang kelola.
Hasil jepretan pacar ku
Hasil Jepretan aku. candid aja keren

Pas masuk emang harus hati-hati banget. Jalannya masih tanah terus licin. Jadi kalau kesana pake sepatu lapangan atau sandal gunung aja lebih nyaman. Pas kemarin sih masih kayak pembangunan gitu. Masih di semen track-track nya. Kalau aku yang jadi pengelola aku akan tawarkan 2 paket wisata di situ. Tapi ini hanya imajinasi ku, nggak akan di share karena ide saat ini dibayar mahal bro…hahahahahaha.

Punya foto berdua berkat nodong dua sejoli yang lagi foto-foto

Pas sampai Tebingnya itu udah bagus. Udah di kasi paping block gitu jadi nggak becek-becekan. Cuman pihak pengelola harusnya memperhatikan daya dukung sie tebing ini. Kebayang kalau wisatawan datang terus dimasukin situ semua tanpa di ukur daya dukung nya. Sekalinya kegerus tu tebing bayar asuransi deh pihak pengelola. Tebingnya emang serem sih. Mana nggak ada pohon-pohon penyangga pula. Masukin seratusan orang aja kesitu bisa inallilahi. Tapi saat itu untung nggak terlalu rame. Jadi aku hanya menganalisis kalau suatu saat objek wisata ini jadi rame. pantesan juga tiket masuk nya pake asuransi, ternyata tebing nya itu Bro...serem abis.

Bisa liat Bandung dari atas

Aku sok-sok an turun kebawah loncat dari pagar pembatas. Pacar ku udah serem gitu liatin aku yang nggak bisa diam. Tapi demi cinta ahirnya pacar ku ikutan nyemplung juga ke bawah. Ada satu batu yang kalau foto disitu tu indah banget men. Pas kita kesitu ada mas-mas gitu sama teman nya nggak beres-beres fotonya. Sama aku di permisiin aja mau gantian foto disitu. Lalu mereka pun pergi karena aku permisinya sambil pasang muka penyihir….hahahahaha. the power of woman namanya.
Setiap aku sama pacar ku itu pergi ke tempat wisata, hal yang paling sering terjadi diantara kita berdua adalah berantem gara-gara foto..hahahaha. aku sih yang suka nyolot. Abis kalau aku yang motoin bagus hasilnya. Kalau pacarku yang ngejepret kadang pemandangannya nggak ada. Kan kesel..tapi begitulah cinta. Semenit kemudian kita ketawa-ketawa lagi..cieeelaaah…:D

Nih kalau mau liat yg namanya DAS keliatan banget kan sungai meliuk-liuk diantara pepohonan

Setelah kita foto-foto jepret sana sini dan nodong 2 sejoli buat gentian motoin kita berdua turun lah hujan. Sebenarnya sih aku masih betah disana. Lagian hujan nya Cuma hujan orografis jadi nggak akan lama (ups sorry bahasa Geografi aku keluar deh). Kita neduh di warung mie rebus milik warga disitu. Belum lama bener hujannya berenti. Akhirnya kita memutuskan untuk pulang karena sorenya aku harus kembali ke Bogor untuk bertugas lagi.

Jangan ikuti anak ini. dia memang tidak tahan berpisah dari makanan dan minuman

Suatu saat kalau aku punya anak nih akan ku bawa kesini. Disini tu bagus banget buat ngenalin ke anak-anak apa itu Daerah Aliran Sungai atau DAS. Mengajarkan mereka akan betapa pentingnya daerah resapan air (pas diliat gunung-gunungnya pada gundul ditanamin sayur padahal itu kan run off alias aliran air). Membuka pengetahuan mereka bagimana seharusnya kita manusia mengelola alam ini dengan bijaksana. Dan mengenalkan anak bagaimana landscape sebenar-benarnya dari Indonesia ini sebagi tanah air nya.

Baiklah cukup sekian dulu cerita tentang dua sejoli yang pacaran ke tebing ini. Semoga bisa jadi referensi untuk mengisi liburan atau weekend…