Menjadi Awet Muda Di Taman Narmada Lombok

Main ke Lombok nggak sah kalau nggak nyobain air awet muda.Katanya sih bisa bikin orang awet muda.Tapi aku sih percaya aja.Kan sesuatu yang kita percayai pasti kejadian kan ya..hahaha.Buktinya tiap temen mami main kerumah pasti aku di sangka yang bungsu.Terus kalau main sama pacar dikira main sama adiknya.Itu tu berkah dari air awet muda..hahahaha
FYI alias ngomong-ngomong...air awet muda ini ada di Taman Narmada Lombok.Tepatnya di Lombok tengah. Kurang lebih 10 km dari Kota Mataram.Menurut cerita sih ini Taman di buat sama Anak Agung Ngurah Karangasem yang merupakan Raja dari Kerajaan Karangasem.Fungsi dari Taman ini dulunya sebagai tempat Upacara Pakelem. Yaitu Upacara di bulan purnama ke lima di tahun caka. 
Kolam Pemandian Taman Narmada


Yup..kembali ke air awet muda.Untuk Masuk kita mesti pake selendang yang udah di sediain sama pengelolanya.terus kita bisa kasi kontribusi berupa uang buat perawatan tempat tersebut.Waktu masuk bakal di pimpin seorang juru kunci.Nanti dia akan baca doa-doa gitu.terus ngasi petunjuk gimana caranya buat masuk ke tempat mata air awet mudanya.Buat wanita yang sedang datang bulan di larang masuk ya.

Rumah Tempat Mata Air
 Nanti bakalan di suruh cuci muka cuci kaki lalu minum itu air sambil di niatin permintaan kita. Dan aku lupa waktu itu permintaan ku apa ya..hahaha.Waktu ngobrol-ngobrol sama tour guide kita (waktu pergi bareng sama anak-anak seangkatan jadi pake kata Kita).Katanya sih ini mata air berasal dari pertemuan dua mata air sungai.Makanya jernih banget.Waktu aku minum juga asli lebih seger dari cocacola atau floridina..hahahahaha...
Juru Kunci Air Awet Muda

Mata Air yang di Tampung
Sebenarnya sih ya menurut ilmu yang aku pelajari waktu mata kuliah Hidrologi.Air yang berasal dari mata air itu merupakan air yang benar-benar masih murni.Terus katanya molekul-molekul air akan berubah sesuai perlakuan dari kita.Kalau di doain yang baik-baik mah pasti hasilnya juga baik dong.dan aku yakin juru kuncinya pasti ngedoain orang yang datang ke situ sehat,panjang umur,mudah rezekinya,dan semoga enteng jodoh juga..kkyaaaaaaa..
 Waktu pulang kerumah,ketemu sama temen nya mami yang udah pernah tinggal di Lombok dari tahun 1991.aku tunjukin deh foto juru kuncinya.Kata nya juru kunci itu dari tahun 1991 dia datang ke tempat itu sampai terakhir dia liat foto ku masih tetep segitu-gitu aja wajahnya.nggak menua sedikit pun.Cakeeeppppppp nie bapak awet muda gan...hahaha
Tapi Tour guide kita malah bilang kalau di Lombok ada air awet muda,pasti semua penduduk lombok nggak ada yang manula.pasti semuanya balita semua





Kalau ke suatu tempat nggak hunting kuliner rasanya nggak afdol.Biasanya ada orang yang pergi kesuatu tempat tapi malah nyari KFC atau McD.Rugi banget ya.padahal makanan setempat biasanya lebih unik dan enak lho.Ke Taman Narmada jangan lupa deh mencicipi Sate Bulayak. Sate khas Lombok ini unik banget.Lontongnya aja pake daun lontar.terus satenya khas gitu aromanya.Kalau kuahnya sih kayak perpaduan rendang padang sama bumbu kacang buatan mami aku.Katanya sih yang bisa bikin ini sate cuma cewek-cewek dari satu kampung aja (aku lupa nama kampungnya).Ya..sejenis resep rahasia gitu deh.Satu Porsi cuma 15 rebuan kok.Murah lah di banding paket jumbo di KFC.Waktu lagi makan di panggil deh disuruh masuk bis.terpaksa aku lari-lari sambil bawa sate plus tusukannya plus lontong.Diliatin sih sama orang.tapi sebodo amat.toh di Lombok nggak ada yang kenal aku.

Ibu Penjual Sate Bulayak
Sate Bulayak






CONVERSATION

2 komentar:

  1. ehmmm,, ko banyak yang pake jilbab>>>> ga salah tuhh muslim malah ngikutin doanya orang hindu or didoain org hindu..?? coba dipikir2 lagi dehh... mendingan doa sendiri. kalo alasannya hanya menghormati. ini kan maslah habluminnallah.. jadi ga da urusan hormat menghormati, ya kan??:)

    BalasHapus
  2. ga kok mas..ini doanya muslim kok.kayak doa selamat gitu.pake alfatihah juga.bukan doa hindu. kuncennya muslim kok. orang lombok kan 99% muslim. ya yg namanya air kalau di doain yang baik-baik maka efeknya juga akan baik.

    BalasHapus

Back
to top